23 Tempat Makan Ala Pedesaan di Banyuwangi, Nikmati Kelezatan Kuliner dengan Pemandangan Hijau dan Suasana Tradisional

Media Scopma

Tempat Makan di Banyuwangi
(Foto: Ilustrasi Pixabay)

Tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Keindahan alam Banyuwangi yang memukau memang membuat banyak orang terpesona dan ingin kembali lagi. Saat berlibur di Banyuwangi, menikmati hidangan di restoran dengan pemandangan indah dan suasana pedesaan yang tenang dapat menjadi pilihan tepat untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Berikut adalah beberapa tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi yang menawarkan pengalaman kuliner unik dengan latar belakang hijau dan sejuk.

1. Waroeng Kemarang

Waroeng Kemarang
IG/Waroeng Kemarang

Salah satu destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan di Banyuwangi adalah Waroeng Kemarang. Terkenal di kalangan warga lokal dan para wisatawan, tempat makan ini mengusung konsep pedesaan yang memikat dengan latar belakang sawah hijau yang menyejukkan mata.

Waroeng Kemarang bukan hanya sekadar menawarkan pemandangan indah, tetapi juga menghadirkan ragam hidangan tradisional khas Banyuwangi yang lezat. Suasana pedesaan yang tenang menjadi daya tarik utama, dan yang lebih menarik lagi, harga makanan di sini sangat ramah di kantong. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati kuliner dengan puas tanpa perlu khawatir tentang anggaran.

Lokasinya berada di Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Banyuwangi. Waroeng Kemarang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan nikmatnya kuliner khas pedesaan Banyuwangi di tempat ini.

2. Kedung Lumpang

Kedung Lumpang
Foto dari luar samping Cafe dan Resto Kedung Lumpang (IG)

Salah satu destinasi kuliner pedesaan yang wajib masuk dalam daftar kunjungan di Banyuwangi adalah Kedung Lumpang. Terletak di tepi jalan menuju Kawah Ijen, rumah makan ini menempati lokasi yang cukup unik, tepat di pinggir jalan yang berkelok-kelok dan mengikuti alur sungai.

Keunikan Kedung Lumpang tak hanya terletak pada lokasinya yang berada di tepi sungai, tetapi juga pada udara sejuk yang disuguhkan bersama pemandangan sawah dan suara gemericik air sungai. Daya tariknya semakin meningkat dengan menu makanan yang lezat dan terjangkau. Kedung Lumpang dikenal menyajikan beragam hidangan, terutama spesialisasi mereka pada hidangan ikan dan ayam. Namun, yang paling diminati adalah belut pedas dan ayam pedas.

Kedung Lumpang dapat ditemukan di Jalan Raya Lijen, Glagah, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Jadi, pastikan untuk mampir dan menikmati pengalaman kuliner yang autentik di tempat ini.

3. Moxie Cafe and Eatery

Moxie Cafe and Eatery
IG/Moxie Cafe and Eatery

Jika Anda mencari tempat hangout yang penuh dengan estetika Instagramable di Banyuwangi, Moxie Cafe and Eatery adalah pilihan yang sempurna. Dengan desain bangunan yang unik, setiap sudut ruangan, terutama dindingnya, dihiasi dengan grafiti yang tidak hanya unik tetapi juga ideal sebagai latar belakang foto yang menarik.

Keistimewaan lain dari kafe ini adalah lokasinya yang terintegrasi dengan Hotel Aston Banyuwangi. Interior Moxie Cafe and Eatery menciptakan konsep yang estetik dan modern dengan paduan warna kuning dan hitam, memberikan kesan unik kepada pengunjung.

Tidak hanya atmosfer dan desain interior yang menarik, tetapi ragam menu yang ditawarkan juga sangat beragam. Mulai dari pizza mozzarella, cheese cake, beef burger, classic nachos, hingga tuna sandwich. Untuk minuman, pilihan meliputi milkshake, smoothies, healthy juice, mocktail, dan kreasi kopi dingin. Bagi penggemar es krim, tersedia pilihan es krim gelato dengan berbagai varian rasa.

Kafe ini berlokasi di Jl. Brawijaya, Lingkungan Cuking, Mojopanggung, Kec. Giri, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 00.00. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana yang unik dan menu yang lezat di Moxie Cafe and Eatery.

4. Pondok Indah Resto

Pondok Indah Resto
IG/Pondok Indah Resto

Salah satu destinasi kuliner pedesaan yang patut dimasukkan dalam daftar kunjungan di Banyuwangi adalah Pondok Indah Resto. Sesuai dengan namanya, restoran ini mengusung konsep pondok yang dipadukan dengan pemandangan hijau yang memukau, menciptakan suasana seolah-olah berada di tengah pedesaan.

Berdiri sejak tahun 2012, Pondok Indah Resto berhasil menarik perhatian banyak pengunjung tidak hanya dengan area sawah hijau yang berundak, tetapi juga dengan lanskap megah Gunung Ijen yang dapat dinikmati dari tempat ini. Restoran ini menyajikan menu Nusantara, terutama olahan belut khas Banyuwangi. Namun, keunikan lainnya adalah tersedianya pilihan unagi atau belut Jepang yang menggoda lidah. Setelah melelahkan diri mendaki Gunung Ijen, Pondok Indah Resto menjadi pilihan ideal untuk bersantap.

Alamat Pondok Indah Resto terletak di Jalan Raya Lijen Km. 8,7, Glagah, Banyuwangi. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00, dengan pengecualian tutup pada hari Rabu. Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda ke sini dan nikmati pengalaman kuliner yang istimewa di Banyuwangi.

5. Gis & Gas Cafe

Gis & Gas Cafe
Gis & Gas Cafe

Salah satu destinasi nongkrong malam yang menawarkan panorama memukau di Banyuwangi adalah Gis & Gas Cafe. Terletak di Jalan Ahmad Yani No.38, Jajag, kafe ini menghadirkan konsep unik yang tak hanya membuat suasana semakin hidup tetapi juga sangat Instagrammable.

Gis & Gas Cafe memikat pengunjung dengan ornamen motor klasik yang telah dimodifikasi dan ditempatkan dengan apik di setiap sudut ruangannya. Pengunjung dapat merasakan sensasi seperti anak motor atau bagian dari geng motor, bebas berfoto dengan berbagai motor yang dipajang di dalam kafe. Tempat ini memang menjadi surga bagi para pecinta foto.

Selain ornamen motor, interior kafe ini juga dipenuhi dengan berbagai gambar, mural, dan grafiti yang menambah daya tarik visual. Kafe ini bukan hanya tentang suasana yang menarik, tetapi juga menyajikan menu yang beragam dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak heran jika Gis & Gas Café menjadi tempat favorit bagi anak muda Banyuwangi untuk nongkrong.

Menu yang ditawarkan mencakup nasi goreng, burger mozzarella, spaghetti, dan berbagai hidangan lainnya. Gis & Gas Café berlokasi di Jl. Sultan Agung No.19, Jajag, Kec. Gambiran, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati malam yang menyenangkan di kafe ini.

6. Angkringan Piyu

Angkringan Piyu
IG/Angkringan Piyu

Salah satu pilihan menarik untuk menikmati kuliner ala pedesaan di Banyuwangi adalah Angkringan Piyu, sebuah angkringan yang memberikan pengalaman unik. Meskipun berkonsep angkringan, tempat ini memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan lokasinya yang terletak di tepi sungai.

Angkringan Piyu mengusung konsep yang mirip dengan Kedung Lumpang, dengan saung yang menghadap ke sungai. Suasana sejuk dan teduh ditambah dengan pepohonan di sekitarnya memberikan pengalaman bersantap yang menyenangkan. Di sini, selain menikmati keindahan pedesaan, pengunjung dapat menikmati beragam kuliner khas Banyuwangi, mulai dari sego tempong, ikan wader, hingga nasi goreng.

Tidak hanya itu, Angkringan Piyu juga menyajikan aneka jajanan tradisional yang lezat, seperti lumpia pisang, getuk, kucur, singkong keju, dan masih banyak lagi. Tempat ini menjadi pilihan ideal untuk mereka yang ingin merasakan cita rasa autentik Banyuwangi dalam suasana yang tenang dan alami.

Angkringan Piyu berlokasi di Jalan Raya Lijen, Glagah, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati sajian khas pedesaan yang lezat di tempat ini.

7. Kolam Kita Resto

Kolam Kita Resto
IG/Kolam Kita Resto

Salah satu destinasi kuliner pedesaan yang sebaiknya tidak terlewatkan di Banyuwangi adalah Kolam Kita Resto. Restoran unik ini strategis terletak tidak jauh dari pertigaan Patung Barong Desa Kemireni di jalan utama menuju Ijen, menawarkan pengalaman bersantap yang tak biasa.

Dengan konsep yang sesuai dengan namanya, Kolam Kita Resto menampilkan kolam ikan yang dihiasi saung di atasnya. Pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hidangan lezat di dalam saung-saung yang tersedia. Salah satu daya tarik istimewa di sini adalah kegiatan memancing ikan yang dapat dinikmati pengunjung. Ikan yang berhasil dipancing dapat dibawa pulang atau diolah langsung menjadi sajian lezat. Berbagai pilihan olahan ikan, seperti ikan goreng atau bakar, menambah keunikan pengalaman bersantap di Kolam Kita Resto.

Alamat Kolam Kita Resto terletak di Jalan Banjarsari No. 9, Glagah, Banyuwangi. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00. Pastikan untuk menyempatkan waktu untuk menikmati suasana pedesaan yang menyenangkan dan sajian makanan laut segar di tempat ini.

8. Autenthic Osing

Autenthic Osing
GMAPS/Autenthic Osing

Tak jauh dari Kolam Kita Resto, terdapat sebuah destinasi kuliner pedesaan lainnya yang bernama Autenthic Osing, menawarkan pengalaman makan yang nyaman dengan latar belakang pemandangan sawah yang memukau. Lebih dari sekadar tempat makan, Autenthic Osing juga menyediakan fasilitas penginapan bagi para pengunjung yang ingin menikmati liburan di kawasan Ijen.

Konsisten dengan namanya, tempat makan ini menghadirkan menu autentik khas Banyuwangi, terutama makanan tradisional dari Suku Osing seperti nasi tempong. Selain hidangan khas, Autenthic Osing juga menawarkan variasi menu menarik seperti Nasi Bakar Gula Jawa, Nasi Bakar Hijau, dan berbagai jenis smoothies yang menyegarkan.

Alamat Autenthic Osing terletak di Jalan Widuri No. 55, Glagah, Banyuwangi. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 14.00 hingga 22.00, kecuali pada hari Jumat yang tutup. Jadi, ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati kuliner lezat sambil meresapi keindahan pedesaan Banyuwangi.

9. Ijen Isun Village

Ijen Isun Village
IG/Ijen Isun Village

Salah satu destinasi kuliner pedesaan yang menarik di Banyuwangi adalah Ijen Isun Village, sebuah cafe etnik pertama dengan konsep alam di daerah tersebut. Keunikan konsep inilah yang membuat Ijen Isun Village menjadi salah satu tempat populer di Banyuwangi.

Cafe ini menawarkan suasana Joglo yang dikelilingi oleh taman dan berlokasi di pinggir area persawahan. Udara sejuk di sekitar cafe menambah kenyamanan, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai. Ditambah lagi dengan menu makanan yang lezat, Ijen Isun Village menjadi tempat yang mengundang untuk menghabiskan waktu. Menu utamanya mencakup hidangan khas Banyuwangi dan Suku Osing, seperti ayam kesrut, pecel pitik, ayam pedas, lupis, kucur, lupis, dan berbagai varian kopi Banyuwangi yang nikmat. Harga menu makanan yang terjangkau membuat pengalaman kuliner di sini semakin menyenangkan.

Ijen Isun Village terletak di Jalan Raya Lijen, Glagah, Banyuwangi. Sayangnya, informasi jam buka belum tersedia. Pastikan untuk mencoba pengalaman kuliner yang unik dan menarik di Ijen Isun Village saat berkunjung ke Banyuwangi.

10. Dragon cafe

Dragon Cafe
Gmaps/Dragon Cafe BENTENG BUAH NAGA

Salah satu tempat nongkrong yang populer di kalangan warga Banyuwangi adalah Dragon Cafe, sebuah tempat yang ideal untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Cafe ini menawarkan konsep outdoor yang menarik, dihiasi dengan lampu gantung yang menciptakan pemandangan indah saat malam hari.

Selain menikmati atmosfer yang diterangi lampu-lampu gantung, pengunjung juga dapat merasakan hiburan live musik yang diselenggarakan oleh cafe ini. Dragon Cafe menjadi tempat yang pas untuk menyatu dengan suasana kota dan menikmati sajian lezat.

Salah satu menu favorit yang patut dicoba adalah Dragon Fruit Fried Rice, memberikan sentuhan unik pada cita rasa. Tidak hanya itu, beragam hidangan lezat lainnya juga dapat dinikmati di sini, seperti Banana Oh Banana Spesial, Ayam Geprek, Lalapan Ayam, Mie Watu Dhodol, dan Kempul Crispy. Varian minuman yang ditawarkan mencakup Tiramisu, Green Tea, Mocha Latte, dan Caramel Latte.

Dragon Cafe berlokasi di Jalan Juanda No. 46-49, Jajag, Kec. Gambiran, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 13.00 hingga 00.00. Jadi, pastikan untuk mencoba pengalaman nongkrong yang seru di Dragon Cafe saat berada di Banyuwangi.

11. Ijen Shelter

Ijen Shelter
IG/Ijen Shelter

Ijen Shelter, salah satu destinasi makan ala pedesaan di Banyuwangi yang sangat terkenal, menawarkan lebih dari sekadar pengalaman kuliner. Selain restoran yang menggiurkan, Ijen Shelter juga menyediakan fasilitas penginapan dengan konsep rumah pohon yang menarik, menciptakan suasana seolah-olah berada di dalam hutan.

Di sini, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati secangkir kopi dengan latar belakang perkebunan kopi yang hijau dan menenangkan. Udara sejuk semakin menambah kenyamanan, membuat kunjungan ke Ijen Shelter menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Restoran ini memiliki bangunan yang terbuat dari kayu dengan atap jerami dan desain yang terinspirasi oleh rumah Suku Osing.

Selain menikmati hidangan lezat, pengunjung juga dapat bermain panahan di area ini, menambah keseruan kunjungan mereka. Ijen Shelter tidak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga menghadirkan pengalaman yang memadukan keindahan alam dan keunikannya sendiri.

Ijen Shelter terletak di Jalan Raya Ijen Banjarsari, Licin, Banyuwangi. Sayangnya, informasi jam buka belum tersedia. Pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda ke Ijen Shelter dan nikmati keindahan pedesaan Banyuwangi secara unik.

12. Bebek Gembeng Sekidang

Bebek Gembeng Sekidang
IG/Bebek Gembeng Sekidang

Destinasi kuliner ala pedesaan di Banyuwangi yang patut menjadi pilihan berikutnya adalah Bebek Gembeng Sekidang. Rumah makan ini menjadi surga bagi para penggemar olahan bebek, karena bebek menjadi menu andalan yang sangat istimewa di sini.

Terletak di Desa Krajan, Bebek Gembeng Sekidang menawarkan pengalaman makan di alam terbuka dengan halaman yang luas, menciptakan suasana yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga. Keunikan tempat ini terlihat dari adanya area bermain untuk anak-anak dan kedekatannya dengan hutan masyarakat, memberikan kesan sejuk dan nyaman untuk bersantap serta beraktivitas.

Baca JugaEksplorasi Keajaiban Pemandian Oleng Sibuton di Jember

Menu utama yang ditawarkan adalah Bebek Gembeng, sebuah hidangan bebek bakar yang disajikan dengan kuah pedas yang menggugah selera. Bagi yang tidak ingin menikmati bebek, tersedia juga pilihan menu non-bebek seperti ayam kesrut. Tak hanya itu, beragam jajanan lezat seperti jagung bakar, serabi, tahu petis, dan masih banyak lagi juga bisa dinikmati di sini.

Bebek Gembeng Sekidang berlokasi di Krajan, Licin, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 21.00. Pastikan untuk mencoba kelezatan menu bebek yang disajikan di tempat ini saat mengunjungi Banyuwangi.

13. Conato Cafe Bakery

<yoastmark class=

Conato Cafe Bakery menjadi salah satu destinasi nongkrong favorit di kalangan masyarakat Banyuwangi, terutama di kalangan kaum muda. Keunggulan tempat ini tidak hanya terletak pada menu yang lezat, tetapi juga lokasinya yang strategis, berada di depan Roxy Mall. Kehadirannya selalu berhasil menarik banyak pengunjung, terutama mereka yang mencari tempat nyaman untuk bersantai setelah berbelanja.

Interior sangat eye-catching dan sangat cocok untuk menjadi tempat nongkrong kaum muda. Dengan dua lantai yang memiliki konsep unik, café ini menyajikan suasana yang segar dan modern. Mural dan grafiti di dindingnya memberikan sentuhan seni yang bisa menjadi latar belakang foto yang menarik.

Meskipun menu utamanya didominasi oleh roti dan dessert, juga menyediakan pilihan makanan berat. Beberapa menu yang dapat dinikmati antara lain nasi goreng, beef burger, steak cheese sauce, potato wedges, dan snail cake with fla sauce. Beragam minuman juga tersedia, seperti Japanese Sencha, Cappuccino, dan Ice Tea.

Alamat Conato Cafe Bakery berada di depan Roxy Mall, Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 21-23, Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi. Sayangnya, informasi jam buka belum tersedia. Pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda ke Conato Cafe Bakery dan nikmati suasana yang menyenangkan di salah satu tempat nongkrong paling populer di Banyuwangi.

14. Waroeng Jujugan

Waroeng Jujugan
IG/Waroeng Jujugan

Waroeng Jujugan, sebuah tempat makan ala pedesaan di Banyuwangi, tetap mempertahankan popularitasnya di lokasi yang sama dengan Bebek Gembeng Sekidang. Warung sederhana ini telah menjadi favorit baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meskipun terlihat sederhana, Waroeng Jujugan menawarkan pengalaman bersantap dengan latar belakang sawah berundak yang cantik dan udara yang sejuk. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan tradisional seperti ayam bakar, nasi bakar, serabi, dan lupis. Keindahan pemandangan sawah yang disuguhkan membuat pengalaman bersantap di sini terasa seperti kembali ke suasana kampung halaman. Harga makanan yang sangat terjangkau juga menjadi nilai tambah, sehingga tidak perlu khawatir akan merogoh kocek terlalu dalam ketika berkunjung ke Waroeng Jujugan.

Alamat Waroeng Jujugan berada di Dusun Krajan, Tamansari, Licin, Banyuwangi. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 08.00, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati hidangan tradisional di suasana yang tenang dan alami.

15. Hedon Cafe & Resto

Hedon Cafe & Resto
IG/Hedon Cafe & Resto

Hedon Cafe & Resto merupakan destinasi makan ala pedesaan di Banyuwangi yang menarik perhatian. Walaupun memiliki konsep modern yang mencerminkan kemewahan (‘hedon’), cafe ini tetap menawarkan lokasi yang menarik dengan pemandangan pepohonan hijau yang rindang, menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman.

Pilihan tempat duduk di area outdoor berupa gazebo memberikan pengalaman bersantap dengan latar belakang alam yang indah. Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam menu tradisional seperti sego tempong dan ayam betutu. Selain hidangan tradisional, menu western juga tersedia untuk memuaskan selera pengunjung. Meskipun Hedon Cafe & Resto berada dalam kategori harga menengah ke atas, fasilitas dan cita rasa makanannya sebanding dengan nilai yang diberikan. Tidak hanya itu, cafe ini juga sering menjadi tempat parkir untuk deretan mobil mewah seperti supercar dan Harley Davidson.

Hedon Cafe & Resto terletak di Jalan Gajah Mada Lingkungan Mojoroto Rumah Panggung, Giri, Banyuwangi. Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati suasana mewah dan santap lezat di tengah keindahan alam pedesaan Banyuwangi.

16. Blackbox Movie Cafe

Blackbox Movie Cafe
FB/Blackbox Movie Cafe

Blackbox Movie Cafe adalah destinasi wajib ketika berkunjung ke Banyuwangi. Cafe ini mengusung konsep modern dengan sentuhan gaya Eropa, menampilkan interior yang elegan dan mewah. Kelebihan lainnya adalah hiasan dinding dengan gambar artis Hollywood, memberikan nuansa keren dan berbeda di dalam cafe ini.

Keunikan utama dari Blackbox Cinema Cafe yang sangat diminati oleh kalangan muda Banyuwangi adalah adanya bioskop mini di dalamnya. Dengan kapasitas hingga 10 orang, pengunjung dapat menikmati film sambil menikmati hidangan lezat yang disajikan. Bioskop mini ini menambah keseruan pengalaman nongkrong di cafe ini.

Menu yang ditawarkan sangat beragam, memenuhi berbagai selera. Beberapa pilihan makanan yang dapat dinikmati antara lain nasi goreng Blackbox, ayam Kungpao, udang pasir mas, dan sup asparagus.

Blackbox Movie Cafe terletak di Jalan Hasanudin No. 105, Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Sayangnya, informasi jam buka belum tersedia. Pastikan untuk mencoba pengalaman unik nonton film sambil bersantap di Blackbox Movie Cafe saat berada di Banyuwangi.

17. Cafe Paglak Petung

Cafe Paglak Petung
Foto: Cafe Paglak Petung

Cafe Paglak Petung adalah destinasi kuliner ala pedesaan di Banyuwangi yang sebaiknya tidak terlewatkan dari daftar kunjungan Anda.

Konsep menghadirkan keindahan persawahan ala Ubud yang memukau, menciptakan suasana pedesaan yang autentik. Bangunan cafe ini sebagian besar dibuat dari bambu, menambah nuansa alami dan ramah lingkungan. Sambil menikmati hidangan, pengunjung dapat merasakan kesegaran dari suara gemericik air sungai yang mengalir di sekitar area cafe. Menu yang ditawarkan mencakup beragam hidangan tradisional dan menu kekinian, yang disajikan dengan cita rasa yang lezat dan harga yang terjangkau.

Cafe Paglak Petung terletak di Jalan Segodang Baru, Licin, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 20.00, dengan pengecualian pada hari Senin di mana cafe ini tutup. Pastikan untuk mengeksplorasi keindahan pedesaan Banyuwangi sambil menikmati sajian lezat.

18. D’Cinnamon Coffee Shop

D’Cinnamon Coffee Shop
IG/D’Cinnamon Coffee Shop

D’Cinnamon Coffee Shop adalah destinasi nongkrong yang cocok bagi mereka yang menginginkan ketenangan jauh dari hiruk-pikuk kota Banyuwangi. Cafe ini menawarkan pengalaman malam yang menyenangkan dengan suasana yang asri dan menu yang menggoda selera.

Bangunan D’Cinnamon Coffee Shop dirancang dengan interior yang menarik, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto yang instagramable. Pengunjung dapat menikmati pemandangan malam yang tenang sambil menikmati beragam hidangan lezat.

Menu yang disajikan di cafe ini mencakup berbagai pilihan, mulai dari soto Betawi, nasi goreng XO udang, lumpia goreng ayam, potato wedges, hingga black burger. Untuk minuman, tersedia pilihan seperti coffee latte, green tea, dan es degan.

D’Cinnamon Coffee Shop terletak di Jalan Letkol Istiqlah No.82-84, Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi. Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 15.30 hingga 22.30, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati malam yang nyaman dan santap lezat di suasana yang tenang.

19. Kedai Galengan

Kedai Galengan
Gmaps/Kedai Galengan

Kedai Galengan merupakan salah satu destinasi makan ala pedesaan di Banyuwangi yang patut untuk dikunjungi. Keunikan tempat ini terletak pada pemandangan sawah yang khas pedesaan, dihiasi dengan gazebo dan balai yang indah, semuanya terbuat dari bambu. Kedai ini terletak di area persawahan yang luas, di mana setiap balai terhubung oleh jalan pematang atau galengan.

Lokasinya yang berada di tengah persawahan memberikan pengalaman tersendiri dengan udara sejuk dan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan. Menu yang ditawarkan oleh Kedai Galengan sangat beragam dan terjangkau. Mulai dari makanan ringan hingga hidangan berat, serta minuman yang lezat. Sambil menunggu pesanan, pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar area persawahan ini, menikmati keindahan dan mengabadikan momen dengan berfoto-foto.

Kedai Galengan menjadi pilihan ideal untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Tempat ini terletak di Jalan Tidar Barat Smp 3, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 23.00. Pastikan untuk menikmati suasana pedesaan yang damai dan hidangan lezat di Kedai Galengan saat berada di Banyuwangi.

20. Warung Umbul

Warung Umbul
Gmaps/Warung Umbul

Warung Umbul di Banyuwangi adalah destinasi kuliner ala pedesaan yang wajib dikunjungi. Terletak di Dusun Krajan, warung ini menawarkan suasana alam pedesaan yang memikat dan menyegarkan.

Konsep saung yang diusung oleh Warung Umbul menjadi daya tarik utamanya. Keberadaan kolam dan taman di sekitarnya semakin menambah kenyamanan dan ketenangan bagi para pengunjung. Suasana alam yang sejuk dan asri membuat Warung Umbul menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati hidangan lezat.

Menu makanan yang disajikan di Warung Umbul sangat beragam dan memiliki rasa yang menggugah selera. Harga yang terjangkau membuat warung ini menjadi pilihan favorit bagi banyak wisatawan yang mengunjungi Banyuwangi.

Warung Umbul buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan hidangan dan menikmati ketenangan alam pedesaan di Warung Umbul saat berada di Banyuwangi.

21. Resto Jaran Goyang

Resto Jaran Goyang
IG/Resto Jaran Goyang

Resto Jaran Goyang adalah salah satu destinasi kuliner ala pedesaan di Banyuwangi yang sangat terkenal. Restoran ini memanjakan pengunjung dengan suasana pedesaan yang autentik, mengusung konsep lesehan dalam ruangan yang dihias dengan dekorasi kental nuansa Jawa.

Keunikan Resto Jaran Goyang tak hanya terletak pada suasana, melainkan juga pada kelezatan menu seafood yang menjadi andalannya. Beberapa hidangan laut yang sangat disarankan di restoran ini antara lain Gurame Goreng Dabu-Dabu dan Lobster Lada Hitam. Selain itu, restoran ini juga menawarkan Ayam Ingkung Presto yang lezat dan menggugah selera.

Resto Jaran Goyang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono No 91A, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 22.00. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana pedesaan yang tenang sambil menikmati hidangan lezat di Resto Jaran Goyang saat berkunjung ke Banyuwangi.

22. Rumah Apung Kertosari

Rumah Makan Apung Kertosari
IG/Rumah Makan Apung Kertosari

Rumah Apung Kertosari adalah destinasi kuliner ala pedesaan di Banyuwangi yang patut untuk dikunjungi. Dengan suasana alam yang menenangkan, rumah makan ini menghadirkan pengalaman bersantap unik di saung bambu yang mengapung di atas kolam yang tenang.

Keistimewaan Rumah Apung Kertosari terletak pada hidangan seafood andalannya. Berbagai pilihan ikan bakar dengan bumbu khas, seperti rica-rica, bumbu merah, dan kecap pedas, menjadi menu favorit yang patut dicoba. Harga menu makanan di sini sangat terjangkau, sementara porsi yang besar menjadikannya pilihan yang ideal untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Rumah Apung Kertosari terletak di Jalan Udang Baron, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 19.00. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan seafood yang lezat sambil menikmati ketenangan kolam di Rumah Apung Kertosari.

23. 1911 Cafe & Resto

1911 Cafe & Resto
IG/1911 Cafe & Resto Kalibendo

1911 Cafe & Resto adalah destinasi kuliner ala pedesaan di Banyuwangi yang patut untuk dicoba. Terletak dalam perkebunan kopi Kalibendo, cafe ini menyajikan pengalaman bersantap yang menyenangkan di tengah suasana pedesaan yang tenang.

Dengan pilihan tempat makan di area luar, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil menikmati hidangan lezat. Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari hidangan tradisional seperti rawon dan gado-gado hingga sajian modern seperti ayam bakar dan singkong goreng. Keunikannya, 1911 Cafe & Resto juga menyediakan fasilitas penginapan, cocok bagi mereka yang ingin menikmati pengalaman lebih lama di sini.

1911 Cafe & Resto terletak di Jalan Kalibendo, Desa Kampung Anyar Glagah, Banyuwangi, dan buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan kuliner pedesaan di atmosfer yang nyaman dan asri.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Banyuwangi, pastikan untuk menyempatkan diri mampir ke beberapa tempat nongkrong yang telah disebutkan sebelumnya. Di sana, bukan hanya kelezatan menu-menu unik yang bisa kamu nikmati, tetapi juga keindahan desain interior yang menawan di setiap kafe.

Tidak hanya sekadar tempat makan, kafe-kafe tersebut juga menawarkan pengalaman visual yang menarik dengan desain unik mereka. Sudut-sudut menarik, dekorasi yang estetis, dan interior yang Instagramable membuat kunjunganmu semakin berkesan. Jadi, jangan lupa untuk meresapi tidak hanya cita rasa kuliner khas Banyuwangi, tetapi juga atmosfer unik dan visual yang memukau di setiap tempat nongkrong yang dikunjungi.

Baca Juga