Tindakan Solidaritas Palestina di Indonesia Mendapatkan Sorotan Media Asing

Media Scopma

Solidaritas Palestina di Indonesia
Aksi Solidaritas bela Palestina di Indonesia. (Foto: Ilsutrasi Scopma)

Media asing, termasuk The Strait Times, Arab News, dan Al-Jazeera, menyorot tindakan bela Palestina di Indonesia, terutama di Jakarta. Beberapa puluh ribu orang bergabung di Monumen Nasional (Monas) untuk mengatakan Solidaritas dengan Palestina di tengah-tengah perselisihan yang berjalan di Gaza.

Reaksi Solidaritas Paling besar Semenjak Perang Israel-Hamas

The Strait Times menyebutkan tindakan ini sebagai tatap muka public paling besar di Indonesia semenjak pecahnya perang di antara Israel dan Hamas. Pengunjuk rasa kenakan jubah putih, syal Palestina hitam-putih, dan mengibarkan bendera Palestina sekalian berteriak “Tuhan Maha Besar” dan “Lepaskan Palestina.” Mereka menuntut supaya pasukan Israel akhiri pengepungan di Gaza.

Tindakan Lintasi Agama yang Diadakan oleh MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjadi satu diantara pelaksana tindakan ini, yang di ikuti bukan hanya oleh umat Muslim, tapi juga oleh umat Kristen dan Buddha. Demo ini adalah sisi dari Bulan Solidaritas Palestina, yang sudah dipublikasikan sejak awal kali operasi Israel di Gaza.

Support Setia Indonesia untuk Palestina

Indonesia sudah lama jadi simpatisan setia Palestina, dan pemerintahan dan warga Indonesia melihat kemerdekaan Palestina sebagai amanat dari konstitusi mereka. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, datang dalam tindakan itu dan mengatakan support kuat Indonesia untuk Palestina.

Sorotan Global atas Solidaritas untuk Gaza

Media asing, termasuk Al-Jazeera, memberikan laporan jika demo di Jakarta ialah sisi dari rangkaian protes di penjuru dunia yang menuntut gencatan senjata di Gaza. Demo sama terjadi di Amerika Serikat, Pakistan, dan beberapa negara yang lain, makin memperlihatkan support global pada Gaza.

Ini ialah tindakan Solidaritas yang mendapatkan sorotan luas dari media asing, menggambarkan loyalitas Indonesia dan penduduknya pada Palestina pada kondisi yang susah.

Baca Juga